MUDAHNYA MENENTUKAN 1 RAMADHAN...

Jika kita mengamati penampakan wajah bulan (moon, al-qamar) setiap hari dari sabit menuju purnama dan menjadi sabit kembali, maka setiap harinya dia akan menampilkan wajah yang berlainan.  Namun demikian penampilan ini akan selalu berulang pada bulan (month, asy-syahra) selanjutnya sepanjang 12 bulan, selama satu tahun penuh, dan berulang lagi di tahun berikutnya.  Bulan separuh  (half moon) yang tampak pada tanggal 7 Muharram selalu sama dengan tanggal 7 bulan Safar atau bulan-bulan lainnya.


Purnama (full moon) yang menghias langit tanggal 15 Muharram pun selalu sama dengan tanggal 15 Safar atau bulan-bulan lainnya.  Begitupun Bulan separuh (half moon) tanggal 21 Muharram juga sama dengan 21 Safar atau bulan bulan lainnya.  Jika jumlah hari setiap bulan (month, syahra) dari Muharram sampai Dzulhijjah mempunyai ketentuan yang pasti yaitu 30 atau 29 maka menentukan awal bulan seharusnya semudah membaca urutan angka pada sebuah mistar berukuran 30 sentimeter.

Penanggalan Qamariah Sebagai Satu Sistem
Sebagai satu sistem penanggalan Qamariah terikat oleh satu kaidah baku sebagai teori dasar yang selanjutnya harus dapat dibuktikan menurut kerangka ilmiah.
A. Menurut Rasul Muhammad bahwa waktu yang diperlukan bulan untuk memenuhi satu siklusnya mengelilingi bumi yaitu: Satu Bulan = 29.5 hari.
B. Satu Tahun Qamariah terdiri dari 12 bulan (Q.S. At Taubah : 36); di mana jumlah hari pada Tahun Normal adalah 354 hari dan pada Tahun Kabisat adalah 355 hari.
C. Jumlah hari setiap bulan selalu tetap, tidak ada perubahan, kecuali bulan Ramadhan dan ditentukan demikian:
  1. Muharram ------------ 30 hari
  2. Safar ------------------- 29 hari
  3. Rabiul Awal --------- 30 hari
  4. Rabiul Akhir -------- 30 hari (Bukan 29 hari !)
  5. Jumadil Awal ------- 29 hari
  6. Jumadil Akhir ------ 30 hari
  7. Rajab ----------------- 29 hari
  8. Sya'ban -------------- 30 hari (Ingat Hadits Nisfu Sya'ban, tanggal 15 Sya'ban.  Apa mungkin 29 hari dibagi menjadi 2 menjadi 15?)
  9. Ramadhan ---------- 29 hari (Tahun Normal) atau 30 hari (Tahun Kabisat)
  10. Syawal -------------- 29 hari
  11. Dzulkaidah --------- 30 hari
  12. Dzulhijjah ---------- 29 hari

No comments:

Post a Comment